Air PDAM : Sejarah dan Cara Membayar Tagihan PDAM Yang Harus Anda Ketahui

Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM ini merupakan salah satu unit usaha milik daerah yang bergerak di bidang distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Selain itu PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi serta dimonitor oleh aparat-aparat eksekutif maupun legislatif daerah. Bahkan perusahaan air minum yang dikelola oleh negara secara modern sudah ada sejak jaman Belanda pada tahun 1920 an dengan nama waterleiding sedangkan pada pendudukan Jepang perusahaan air minum dinamai dengan sebutan Suido Syo.

Sejarah Air Minum di Indonesia

Kurun 1400 an

Pada tahun 1443 tercatat adanya bukti tertulis yang dilaporkan bahwa pada masa itu air yang merupakan minuman sehari-hari orang Asia Tenggara dialirkan dari gunung yang mengalir ke rumah-rumah penduduk dengan menggunakan pipa bambu.

Kurun 1600 an

Dilaporkan pada tahun 1613, air minum disalurkan langsung ke Istana Aceh sedangkan sumur diperuntukkan bagi wilayah-wilayah yang jauh dari sungai. Pada saat penjajahan Belanda menduduki Indonesia, mereka melalui misi dagangnya yang terkenal yakni VOC. Pada awalnya VOC menyewa mendirikan loji tidak permanen dengan uang sewa 1.200 rijkdader atau sekitar 3.000 gulden, namum kemudian mereka dengan liciknya membangun bangunan tembok permanen dengan bahan batu serta beton dan dijadikan benteng pertahanan oleh mereka.

Lalu mereka membumi hanguskan Bandar Sunda Kelapa dan mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia. Dengan demikian resmilah Belnada menjajah Indonesia dengan diselingi oleh penjajahan Prancis ( 1808-1811) dan penjajahan Inggris (1811-1816), dan penduduk Jakarta pada waktu itu sekitar 15.000 jiwa dan mengambil air minum dengan sangat sederhana dengan memanfaatkan sumber air permukaan (sungai) yang pada waktu kualitasnya masih baik. Memang pada waktu orang Asia Tenggara memiliki kebiasaan penduduk untuk mengendapkan air sungai dalam gentong atau kendi selama 3 minggu atau satu bulan telah dilakukan untuk mendapatkan air minum yang sehat.

Kurun Waktu 1998 – Sekarang

Pada tahun terbit Permen OTDA No.8/2000 tentang Pedoman Sistem Akuntasi PDAM yang berlaku hingga sekarang. Kemudian program WSSLIC I dilanjutkan pada tahun ini dengan nama WSLIC II (Water anda Sanitation for Low Income Community). Pada tahun 2002 Terbit Keputusan <emteri Kesehatan No. 907 Tahun 2002 tentang syarat-syarat serta pengawasan kualitas air minum, dimana hal ini menjadi pedoman dalam monitoring kualitas air minum yang diproduksi oleh PDAM. Guna meningkatkan kinerja PDAM dan pembangunan Sistem penyediaan air minum, lalu diupayakan perumusan kebijakan melalui komite Kebijakkan Percepatan Pembangunan Instruktur (KKPPI), dan untuk merumuskan kebijan serta straetegi percepatan penyehatan PDAM melalui peningkatan kerjasama kemitraaan dengan pihak swasta/investor. Pada tahun 2004 inilah yang menjadi tonggak terbitnya peraturan serta perindangan yang memayungi air minum, yakni dimulai dengan terbitnya UU no. 7 Tahun 2004 tentang SDA (Sumber Daya Air). Dengan dimulainya kembali pembinaan Air Minum dari semula yang berbasis ‘wilayah’ menjadi berbasis ‘sektor’ lahir kembali Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Direktorat Pengembangan Air Minum, lalu keluarlah kebijakan ‘ Penyehatan PDAM’ yang dimulai dengan dilakukannya Bantek Penyehatan PDAM.

Setelah mengetahui sekilas sejarah air PDAM, untuk berikutnya penjelasan tentang cara bayar dan cek tagihan air PDAM melalui Blibli.com.

Cara Membayar Tagihan PDAM di Blibli.com :

– Jalankan aplikasi blibli.com lalu pilih menu Bayar Tagihan

– Lalu pilih menu ‘Air PDAM’

– Tentukan pengelola PDAM di wilayah anda

– Masukkan kode pelanggan atau ID PAM anda

– Selesai